Membuat Paspor

Mengajukan permohonan paspor tidak rumit seperti yang dibayangkan sebelumnya, hanya dibutuhkan kesabaran dan kesadaran sebagai pemohon tentunya di luar persyaratan yang harus dipenuhi, itu saja kuncinya

Karena satu dan lain hal, beberapa minggu yang lalu harus membuat Paspor. Pada awalnya tidak terbayang bagaimana cara-caranya melakukan pengajuan Paspor, apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi dan lain sebagainya.

Berbekal sedikit informasi dari Pak BR dan Pak Andika, serta Ibu Dian -setidaknya beliau-beliau ini sudah memiliki paspor sedari lama-, akhirnya berangkatlah daku menuju Kantor Imigrasi Bandung di Jalan Suci.

Sesampainya di sana, terbaca dengan jelas persyaratan yang dibutuhkan (disesuaikan dengan kebutuhan sang pemohon), yaitu diantaranya adalah:
1. KTP pemohon yang masih berlaku
2. Kartu Keluarga Terbaru
3. Ijazah Terakhir atau Kutipan Akta Kelahiran
4. Surat Keterangan dari Perusahaan

Ada beberapa proses utama saat melakukan pengajuan, yaitu:
1. Mengisi formulir permohonan (formulir permohonan bisa dibeli di loket yang disediakan, harga Rp. 15.000,-)
2. Mengajukan Permohonan (5 hari kerja), tidak dipungut biaya
3. Foto dan Wawancara (Melakukan pembayaran biaya Foto Rp. 55.000, pembuatan paspor sebesar Rp 200.000,- dan sidik jari Rp. 5000,-) setelah tahapan ini dilalui paspor akan diproses selama 2 hari kerja
4. Pengambilan Paspor.

Total waktu yang dibutuhkan selama pembuatan paspor dari awal hingga akhir selama 7 hari (dibulatkan menjadi 10 hari, karena sabtu dan minggu libur).

Tidak sulit, hanya perlu kesabaran saja. Total biaya yang saya keluarkan adalah Rp. 275.000,-, mudah dan murah jika dibandingkan dengan pembuatan paspor di luar negeri.

24 comments

  1. Saya mau tanya ttg pembuatan paspor. Bagaimana bila surat2 yg dibutuhkan untuk membuat paspor tidak lengkap? seperti saya ini hanya memegang ktp dan foto copy akta lahir saja. Apa bisa membuat paspor?

    Moho Bantuannya. terima kasih

  2. Pingback: the Days After
  3. Kq urah amat buat pasportnya,bokap gue barusan buat pasport di Manado(SuluT),kq bayarannya rp.600.000ribu, mau nanya nih emang tiap daerah beda2 yah??

    @Glenda
    tapi itu harga yang saya dapatkan (dan saya buktikan sendiri) dari Kantor Imigrasi Bandung

  4. ada proses wawancara juga ya?
    biasanya yang ditanyakan perihal apa saja?
    terus keterangan dari perusahaan…
    kalo misal begini :
    saya mau ke batam mengunjungi seorang teman yang ada disana ya kurang lebih 1 minggu
    nah dari batam ke singapura kan deket setidaknya dalam pikiran saya, saya pengen sekalian melancong ke singapura gitu
    terus saya juga masih kuliah jadi ga ada yang namanya keterangan peursahaan…
    mohon pencerahannya

    @oze
    proses wawancara ada, biasanya ditanya seputar apa tujuan bikin paspor
    ya tinggal dikatakan saja, mau liburan ke singapore
    kalau masih mahasiswa minta surat keterangan dari kampus saja
    yang menyatakan bahwa masih kuliah
    rasanya itu saja
    terima kasih telah sudi berkunjung

  5. salam kenal…
    kebetulan bulan depan saya mau keluar negri mengikuti suami yg lebih dulu di sana , jadi saya dan si kecil harus bikin passpor dalam minggu ini.
    jadi supporting dokumentnya apa perlu dari kantor suami ya ?
    trus biaya untuk anak 3 th kira2 berapa ya pak ?
    thanks….

  6. emh…
    gitu toh…kurang lebih sama kaya oze, saya ada rencana ikut beasiswa studi kebudayaan ke-Turki, tapi itu juga belum pasti, jadi saya pengen ngurus paspor tanpa embel2 beasiswa itu. terus surat keterangannya tetap harus ada ya dari universitas saya? siapa tau saya juga pengen jalan-jalan ke Malaysia ato ketempat lain..

    @gofartobing
    waduh, saya belum pernah ngalemin tuh
    jadi belum tau infonya
    tapi, mungkin kalau ada urusannya sama akademis, ya minimal ada surat keterangan dari instansi yang berkepentingan

  7. Kebetulan saya membuat paspor sekitar 2 bulan yang lalu. Terus terang pake jasa pembuat paspor gitu deh. Lama proses untuk foto plus wawancara kira2 cm jam…pengennya sih ngurus sendiri tapi, hehehe…bakalan lama dan lama dan lama…dan emang terbukti, yang diduluin itu adalah yang titipan…

  8. Mau tanya, gimana bikin pasport bayi 7 bulan, saat ini dimanado, sedangkan kami sekeluarga udah punya pasport terbitan samarinda, kaltim.apa aja syarat-2nya untuk bayi.soalnya saya mau berangkat ke qatar bulan depan ikut suami kerja.tolong ya.

  9. Saya mau mengubah paspor yang tadinya saya punya adalah paspor TKI yang 24 lembar,sekarang saya mau bikin paspor umum yang 48 lembar kira-kira bisa gak ya….?trus biaya berapa ya?

  10. mau tanya.apa anak umur 14 tahun tdk boleh buat passpor?
    ka orangtuanya yg mau urus.aneh ya.atau itu cuma permainan ??

  11. Hai…
    Saya ada rencana untuk berkunjung ke singapura untuk liburan tapi belum bikin paspor,
    emang ijazah harus disertakan juga atau boleh dengan akta kelahiran karena disyarat2 td ijazah/akta kelahiran.
    Trims

  12. Hallo…
    Salam kenal…
    Trimakasih bgt info-nya. Kebetulan saya mau bikin passport, dalam waktu dekat musti beres.
    BTW, surat keterangan dari perusahaan ini isinya menerangkan tentang apa?
    Saya saat ini kerja diperusahaan Indonesia, sebentar lagi saya kerja dengan perusahaan asing, dan saya akan kerja di Dubai.
    Klo seperti itu keterangan yang saya bawa musti dari perusahaan yang mana?
    Thx

  13. wah tulisannya bagus sekali.
    efektif gak bertele-tele dan berbobot krn menyangkut kepentingan orang banyak.
    mungkin ada baiknya segera di respon pertanyaan2 tersebut.. hehe jadi tanggung jawab secara tidak langsung karena sudah buat tulisan ini.
    BTW kalo saya ingin buat passport untuk ke jepang tapi tidak atas pendidikan ato perintah perusahaan, tapi ingin menemani pacar selama 5 bulan di hiroshima kira2 bisa tidak ya? ato akan bermasalah di visa nya?
    terimakasih jika bersedia meresponnya

  14. katanya kalo yang udah nikah, harus ngelampirin surat nikah,bener nggak sih? kan tujuannya buat bikin paspor sendiri, bukan buat paspor keluarga. thanx atas pencrahannya, kali aza bisa lebih bikin cerah

  15. saya dan suami sdh punya paspor yg sdh habis masa berlakukanya, saya mau perpanjangan lagi apa biaya perpanjangan dg bikin baru sama?

Leave a Reply

