Ubuntu Feisty

Operating System yang semakin beragam memberikan banyak alternatif bagi para pengguna (user) untuk memilih operating system mana yang akan digunakan. Saya sendiri menggunakan dua operating system sekaligus, yaitu Windows XP Professional dan Linux. Untuk Linux, saya menggunakan distro Debian, terakhir yang digunakan adalah debian versi 3.1 sarge edisi stabil, padahal biasanya menggunakan versi testing karena rasanya lebih menantang untuk dipelajari lebih dalam.

Kemarin, saya melakukan instalasi Debian ulang dari awal (etch), tapi di tengah jalan CD yang saya gunakan rusak, sementara proses instalasi sudah di tengah-tengah (install base system), wah kacau nih. CD hanya ada satu, sementara bahan presentasi untuk esok pagi ada di harddisk Windows. Hanya tersisa waktu 4 jam sampai presentasi. Akhirnya, dengan sedikit ‘komporan’, CD ubuntu pun menjadi alternatif terakhir (karena tidak ada CD lain, baik windows, knoppix, dan lainnya kecuali CD debian yang rusak -tergores-).

Ubuntu Logo

Ubuntu yang saya gunakan adalah Feisty, versi 7. Ternyata versi ini masih versi beta, baru mau launching tanggal 19 april. Sudah seminggu ini saya pakai Ubuntu versi 7. Asyik juga ternyata. Satu hal yang membuat saya tertarik adalah karena dia masih sekeluarga dengan DebianπŸ˜€

Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pengaturan koneksi Internet, di Ubuntu wireless ethernet saya langsung terdeteksi dan tidak diperlukan melakukan pengaturan, penginstalan, bahkan compiling agar piranti ini dikenali oleh sistem. Wah, kebutuhan utama terpenuhi, INTERNET.

Ya sudah, sampai hari ini bablas pakai Ubuntu, masih adaptasi, serasa mendapatkan mainan baru. Bagi yang sudah menggunakan Ubuntu, bagi-bagi info, tips dan trik-nya dong.

picture courtessy : http://ubuntu.com

Ubuntu Feisty

9 thoughts on “Ubuntu Feisty

  1. Adhiyan says:

    wah, ternyata…
    gw masih rada baru nih mengenai Ubuntu ini, cocok gak yah buat desainer, Bro makasih yah CD nya, ngebantu banget, tp gw masih nyari corel draw 9 for linux, susah uy, ada yg punya minta dong…

  2. gimana dengan driver2 IS, gampang ga?…ane dah punya CDnya hanya krn keterbatasan space, jadi mengurungkan niat untuk instalasi UBUNTU

  3. dI notebook ini, alhamdulillah
    g ada masalah.

    tapi, g ada salahnya, kalau di-cek ke orang yang dah install ubuntu di versi yang sama.

Leave a Reply

