Forensic, training #2

Network Forensic Training yang diselenggarakan oleh PT IndoCisc memasuki hari kedua. Hari ini, sebagai garis akhir dari materi teoritis kami adalah tentang Hukum. Materi ini dibawakan oleh Bapak Danrivanto Budhijanto. Beliau adalah dosen pasca sarjana Universitas Padjadjaran.

Materi yang dibawakan cukup menarik dan membahas aspek hukum dari kejahatan komputer. Bisa dibilang bahwa kejahatan komputer merupakan sebuah penyalahgunaan dari kemajuan dan perkembangan teknologi yang ada. Teknologi memang merupakan sesuatu seperti pisau bermata dua. Di satu sisi, teknologi dapat meningkatkan kesejahteraan hidup orang banyak, tapi jika disalahgunakan, maka dampak yang ditimbulkannya pun dapat mempengaruhi hajat hidup orang banyak, tentunya jika yang menjadi target kejahatan tersebut bukan merupakan orang perorang.

Issue terorisme, cybercrime, merupakan sebuah bahasan yang tidak akan pernah habis. Bagaimana mungkin pengkopian sebuah data dikatakan sebagai sebuah kejahatan, secara fisik tidak terlihat / nampak, bahkan data yang dikopi masih ada, dan itu bukan sebuah pencurian. Hal di atas hanyalah sebuah contoh, bahwa masih banyak unsur pencerahan yang harus diberikan. Pencurian data berbeda dengan pencurian ayam, dsb. Bahkan untuk menjelaskan hal ini saja perlu dilakukan pemberian informasi, dan awareness tentunya terhadap berbagai pihak yang terkait.

Selain materi tentang aspek hukum, materi training lainnya adalah melakukan forensic, baik itu terhadap sistem operasi Windows, maupun Linux. Mekanisme yang digunakannya pun berbeda, apakah dengan melakukannya secara langsung pada host yang bersangkutan atau dengan memanfaatkan jaringan (Network). Pokoknya, nggak nyesel deh ikutan training seperti ini, materi dan ilmu yang didapatkannya tidak akan pernah habis, karena selain materi yang diberikan oleh instruktur, peserta juga dapat memberikan (sharing) informasi yang dimiliki, sehingga tercipta sebuah kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan training. Walaupun terdapat kelemahan, yang diantaranya adalah sesi teori, terlalu teoretis (padahal sudah tidak sabar buat hands-on).

caw.

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s