Perbedaan dalam sebuah wacana

Sudut pandang tidak pernah sama. Bahkan sesuatu yang serupa belum tentu sama, hingga ada istilah ‘serupa tapi tak sama’. Begitu pula dengan cara manusia memandang sesuatu yang lain. Selalu ada perbedaan di sana.

Beda

Perbedaan lingkungan, referensi bacaan, topik bahasan tentunya akan mempengaruhi cara berpikir seseorang yang kemudian teragregasi menjadi bagaimana pola pikir yang dimilikinya. Pola pikir merupakan sebuah bentukan dan bukan produk singkat, yang kemudian bisa diubah-ubah semaunya. Terlebih jika pola pikir yang dimiliki sudah mendarah daging dan menjadi satu kesatuan.

Tidak semua orang menganggap perbedaan sebagai sebuah hal yang wajar, sebagai sebuah kekuatan lain, sebagai pelengkap antara satu dengan lainnya, sebagai sebuah kontrol agar tidak selalu seragam.ย  Bhineka tunggal ika, berbeda namun tetap satu. Itu adalah landasan dari Bangsa Indonesia, yang mengakui bahwa bangsa ini terdiri dari banyak elemen.

Tapi, dalam beberapa hal, perbedaan merupakan sebuah pembatas antara lawan dan kawan. Kecondongan dan jarak perbedaan yang dimiliki tentunya menjadi faktor tambahan lainnya. Namun, satu hal yang tidak saya mengerti, mengapa banyak orang memandang bahwa berbeda itu tidak lazim, bahwa segala sesuatu itu harus sama, tanpa mempertimbangkan faktor-faktor pendukung lainnya, dimana persamaan yang dimiliki jauh lebih banyak ketimbang perbedaan yang ada. hmmmm … -sigh-

image-src

Perbedaan dalam sebuah wacana

5 thoughts on “Perbedaan dalam sebuah wacana

  1. Is, meni formal pisan bahasa tulisan teh? EYD banget gitu lho. heuheue.
    BTw, sayah ge apal BBC. Salah satu toko buku favorit karena … MURAH!!! Tapi yah, semenjak kerja di jkt mah, udah jarang bertandang ke BBC. Gramed aja lah. heuhue.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s