maaf, ada gangguan

maaf, ada Gangguan

Itu adalah jawaban yang didapatkan dari satpam sebuah bank swasta pagi ini, dan satpam tersebut adalah satpam kedua dari dua cabang berbeda yang saya datangi pagi ini.
Rencananya pagi ini saya akan melakukan transfer ke salah satu rekening Bank Tersebut, namun tak disangka ternyata ada gangguan pada sistemnya yang mengakibatkan bank tersebut tidak dapat melayani semua jenis transaksi online.

Nampaknya gangguan ini terjadi sejak pagi, tapi sayangnya sang teller -yang entah mengerti atau tidak mengenai gangguan- mengatakan bahwa gangguan ini hanya akan terjadi selama 45 menit. Begitu banyak nasabah yang menanti di luar mengharapkan gangguan segera berakhir, tapi rasanya agak sulit percaya karena kenyataan mengatakan hal yang lain. Sistem lain yang terganggu adalah ATM, sehingga tidak ada layanan tunai yang dapat dilakukan. Waduh, bagaimana nih.
Jika ditinjau dari sudut BIA (business impact analysis) berapa besar nilai kerugian yang dialami oleh Bank tersebut berkenaan dengan gangguan ini, belum lagi social cost seperti keluhan para nasabah yang sangat membutuhkan layanan dari Bank bersangkutan.

One comment

  1. business continuity planning nya gimana tuh bank

    @triyo
    katanya sih cuman setengah jam, tapi rasa-rasanya lebih deh
    bcp-nya ada, tapi entah bagaimana dia running dan troubleshootingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s