Cimol

Cimol yang saya maksud bukanlah cibadak mall, alias sentra barang second maupun barang impor di Bandung, pusat segala baju-baju bekas (yang katanya berkualitas). Cimol yang saya maksud adalah makanan sederhana yang dibuat dari Aci (tepung kanji).

Anteng Ngagugulung Cimol

Cimol banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan, identik dengan makanan di pasar kaki lima (biasanya sebelah tukang gehu, pisang goreng, atau bala-bala), atau juga kerapkali ditemukan di Sekolah Dasar.

Cimol ini mirip halnya dengan Cilok (atau aci dicolok), untuk cimol sendiri saya belum tahu apa yang menjadi kepanjangannya. Bagi saya yang menjadi keunikan tersendir dari makanan ini adalah rasanya, ada rasa pizza, rasa barbeque, rasa keju dan lain sebagainya. Rasa-rasa tersebut berasal dari taburan perasa yang biasa digunakan untuk kentang goreng, atau orang sekarang bilangnya french fries.

image : bidikan kang David Murdi, saat anteng ngagugulung cimol.

Cimol

6 thoughts on “Cimol

  1. orang tanya: “mang, naon cimol teh?”
    penjual cimol: “aci di emol, cimol”

    *kriuk

    @jagrag
    kok cimol kriuk,
    ah, saya sendiri baru beberapa kali saja menikmati panganan yang satu ini

  2. cimol=aci diemol, cilok=aci dicolok, comro=oncom di jero, misro=amis dijero, sukro=suuk dijero. Ada lagi?

    bentuk kreatifitas orang sunda๐Ÿ˜€

    @gajahkurus tapi agak gemukan

    amin
    mudah2an orang sunda semakin kreatif
    agar tidak kalah di percaturan internasional sama bang utut adianto๐Ÿ˜€

  3. amir says:

    Cimol teh makanan ringan, yang awas loch bisa bikin gemuk ?

    @amir
    iya pak
    kalau makan cimol sama penjual-penjualnya
    hehehe

  4. cimol ternyata jadi penghasilan terbesar!!!
    Hanya bermodal manajemen yang baik dan karyawan pedagang cimol yang banyak, sekarang q jadi pengusaha cimol sukses!!,
    Omset sampe 10 juta/perbulan,
    ya lumayan sedikit lebih gede daripada jadi PNS.,
    yang penting berani memulai usaha, n gak usah malu,
    kalo butuh nasihat or saran saya bisa berbagi, email aza ke andra_therick@yahoo.com., rahasia q bongkar deeh!!!

  5. wessss gila nih di Kampus gw, BINUS, lg IN nih Cimol, kmne2 gw liat anak2 lg pada bawa bunggkusan plastik cimol + lidinya…

    gw jg demen nih makan ginian wkwkwkwkwk…
    skalinya beli 3000-4000an campur ama kentang gorengnya, makan dah tuh ampe rahang pegel.

    klo kagak pegel kagak asik Coiiii..!!

Leave a Reply

