maukah kita?

Ini adalah salah satu pertanyaan pada khutbah jum’at tadi siang. Saya berkesempatan shalat jum’at di Mesjid Baitul Ihsan Bank Indonesia. Khatib pada sidang jum’at kali ini adalah H. A. Riawan Amin, MSc, beliau adalah presiden direktur dari Bank Muamalat. Beliau menjelaskan betapa sistem keuangan yang kita miliki sudah jauh dari syariat Islam yang seharusnya menjadi acuan kita sebagai ummat Islam.

Panjang lebar yang disampaikan oleh beliau, sebuah tema yang menarik untuk saya, tapi ada beberapa hal yang menjadi titik perhatian bagi saya. Uang kertas dollar, merupakan salah satu uang yang dicetak sebagaimana kebutuhan pemerintah Amerika, dan keluar dari pattern bahwa uang yang dicetak harus sesuai dengan jumlah emas yang dimiliki oleh Bank Federal itu.

Hal yang kedua, pernyataan pemerintah Saudi Arabia yang menyatakan bahwa tidak akan meningkatkan produksi jumlah minyaknya. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengaruh antara suply dan demand minyak bumi di Dunia. Suply minyak bumi sebenarnya masih sangat mencukupi kebutuhan dunia. Kemudian, peningkatan nilai harga minyak yang semakin menggila dikarenakan oleh permainan beberapa orang dan atau kelompok tertentu saja. Sungguh terlalu.

Lalu, apa korelasinya dengan Bangsa Indonesia? korelasinya ada pada mengapa kita mau menjual minyak yang masa produksinya berjuta-juta tahun lamanya dengan kertas yang dapat dicetak semaunya oleh pemerintah pencetaknya, atau hanya berupa perpindahan digital, yang belum tentu akan membawa manfaat yang besar bagi bangsa kita.

Permainan dollar adalah sebagian kecil dari partisi sistem ekonomi konvensional, dimana permainan bunga, permainan bursa efek memegang peranan penting di dalamnya. Kita sebagai bangsa tidak akan pernah bisa menang di dalam permainan ekonomi milik orang lain, sedangkan kita memiliki sistem ekonomi syariah. Kapan kita akan bermain dan memanfaatkan sistem ekonomi yang kita miliki.

—–

maukah kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s