Thunder Ganti Ban

Motor saya, si thunder, akhirnya ganti ban. Ukuran ban saya naikkan dua tingkat.

FDR Sport XX Tubeless

FDR Sport XX Tubeless

Depan semula 80/90-18 saya naikkan jadi 90/80-18
Belakang semula 90/90-18 saya naikkan menjadi 110/80-18

Niat awalnya, yang belakang mau saya update ke ukuran 120 atau 130, tapi ternyata efforts dan kocek yang harus dikeluarkan lebih besar. Jadi baru segitu yang dapat saya lakukan. Sebisa mungkin untuk tidak mengubah kondisi standard, terutama body. Karena merk tersedia diantaranya adalah Bridgestone Battlax, Swallow, Mizzle, dsb. Pengennya sih sama merk yang pertama, tapi bisa habis gaji empat bulan tuh buat belinya. hehehe. Itupun dengan menurunkan ukuran velg menjadi 17. Teman saya, yang bergabung di sebuah klub tiger mengganti bannya menjadi 130, memang motornya jadi bohay sih, dan tidak ada masalah. Namun tetangga saya sebagai pengguna motor yang sama dengan saya, seringkali mengeluhkan cepat ausnya gear, bos gear, dan lainnya. Itulah mengapa saya tidak jadi menaikkan ukuran ban menjadi sebesar itu. Padahal tongkrongan motor jadi lebih seksi.

FDR Sport XT

FDR Sport XT

Ban yang saya pakai sekarang adalah FDR sport XT, yang merupakan produk dengan spesifikasi Tubeless dan ukuran yang sesuai untuk motor saya. Berdasarkan informasi dari web resmi FDR, beberapa keunggulan dari produk ini adalah:

*Karakter pattern yang sporty.
*Alur pattern mampu membelah air dengan sempurna sehingga tidak licin saat di gunakan di jalanan yang basah.
*Ukuran metric shg tampak lebih ceper dan stabilitas pengendaraan lebih mantap.
*Mampu menaikan image motor karena pattern diadopsi dari ban Racing.
*Konstruksi ban yang kokoh dan bentuk profile yang lebar shg cocok untuk freestyle.

Secara prakteknya, saya mencobanya di track lurus kering, memang gripnya mantabbb, mencekeram (menempel di aspal) dengan baik. Curiganya saya sih, ban ini akan cepat gundulnya. Hehe.

Alurnya yang merupakan alur jalan basah membuat saya agak bimbang, berhubung ini musim kemarau. Konsumsi ban pasti akan lebih banyak, karena jalan aspal yang panas.

Mudah2an saja ban-nya tidak mudah slip. Yang pasti terasa, motor jadi serasa lebih tinggi sekarang😦

4 comments

  1. enakan pake battlax:mrgreen:
    kalo pelek masih estede, depan bisa pake ukuran 100/80, trus belakang pake 110/80 udah cukup kok
    andai ganti pelek lebar pun belakangnya jangan lebih dari 120/80, ksian motornya, cc-nya ga seberapa😆

    @caplang
    apa ndak kegedean tuh ban depan om?

  2. thank u banget om, gua bisa dapet pelajaran dari sini… karena gua pengen banget thunder gua bisa jadi lebih maco, kalo pake ban std kayaknya masih kacang banget sih… gak ada keren2nya.

Leave a Reply

