dosa,…

Kisah sufi begitu cemerlang, banyak kisah indah yang dituturkan dalam bahasa yang santun, sederhana, namun tidak jarang menohok pendengar atau pembacanya. Berikut adalah salah satu kisah yang begitu dalam untuk saya, antara seorang guru dengan murid-muridnya.

Murid 1 : Ayahanda Guru, manakah yang lebih utama di hadapan Allah SWT, mereka yang melakukan dosa kecil atau mereka yang melakukan dosa besar?
Guru : Sesungguhnya yang lebih utama adalah mereka yang melakukan dosa kecil, karena terhindar dari dosa yang lebih besar.

Murid 2 : Ayahanda Guru, manakah yang lebih utama di hadapan Allah SWT, mereka yang melakukan dosa kecil atau mereka yang melakukan dosa besar?
Guru : Sesungguhnya yang lebih utama adalah mereka yang tidak melakukan dosa, karena terhindar dari dosa yang kecil maupun dosa yang lebih besar.

Murid 3 : Ayahanda Guru, manakah yang lebih utama di hadapan Allah SWT, mereka yang melakukan dosa kecil atau mereka yang melakukan dosa besar?
Guru : Sesungguhnya yang lebih utama adalah mereka yang melakukan dosa besar, karena besarnya rindu mereka untuk mendapatkan Ampunan Allah SWT, besarnya keinginan mereka untuk kembali ke jalan Allah, besarnya niat, tekad, dan taubat mereka di hadapan Allah SWT, dan besar pula kerinduan Allah SWT terhadap mereka.

Ternyata, satu pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan 3 jawaban yang berbeda-beda. tiada pembedaan hamba oleh Allah SWT selama mereka mengharapkan ridho, ampunan, dari-Nya. Dosa kecil, dosa besar, siapapun pendosanya, dan apapun dosanya selain Syirik, senantiasa akan mendapatkan ampunan dariNya. Laa haula wa laa Quwwata Illaa Billaahi.

Didapatkan dari sebuah Kultum pada acara silaturahmi SharingVision.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s