barbeque, tak ada dua di dunia

salah satu bagian tak terpisahkan dari proses dokumentasi adalah bagaimana melakukan pengelolaan atas dokumentasi tersebut, baik hardcopy maupun softcopy-nya.

dulu kami sempat punya alat perusak kertas, tapi lama kelamaan rusak juga. namun demikian walaupun menggunakan alat tersebut, tetap saja harus dilakukan pemusnahan tahap akhir. kebetulan kantor baru beli alat barbeque, sekalian saja besoknya saya pesta barbeque sendiri di kebun belakang, setelah sehari sebelumnya pest barbeque dan kambing guling. sebenarnya tidak sendiri sih, karena ditemani mang amir yang sedang membakar sampah di belahan kebun yang lain dan secangkir kopi karena yang harus dibakarnya cukup banyak. buat yang belum kebagian ini dia capture barbeque-nya.

barbeque report

barbeque report

bahan yang saya bakar adalah kertas-kertas report yang sudah tidak terpakai dan kertas-kertas kesalahan printing report. kertas-kertas tersebut harus dihanguskan karena terkait dengan kerahasiaan yang ada di dalamnya lebih baik dihilangkan saja daripada ada tapi merepotkan karena harus disimpan di tempat yang aman dan lain sebagainya. bisa saja sebenarnya dikilo, kan lumayan. terlebih kertas yang digunakan adalah kertas yang bagus, ada beberapa kertas yang harga sebelum dipakainya bisa mencapai dua ribu rupiah perlembarnya. tapi karena sudah dipakai, ya harganya paling jadi dua ribu rupiah sekilonya. tapi jangan pernah berpikir seperti itu, karena tidak mungkin terjadi untuk urusan kertas yang berisi data macam ini. lebih baik dibumihanguskan, yaitu dibakar, kemudian abu pembakarannya dicampur adukkan dengan tanah, lalu disiram air, agar benar-benar musnah.

asumsi saya sebenarnya sederhana, kertas itu berasal dari kayu, apapun macam prosesnya, penyusun utamanya pasti adalah kayu. oleh karena itu jika ia dicampurkan dengan tanah, mungkin saja ia dapat terdegradasi untuk kemudian larut bersama partikel lainnya. beda dengan plastik. tapi saya tidak tahu pasti, apakah asumsi saya ini benar atau ngaco adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s