ramadhan 1431 #1

Ramadhan, bulan yang sangat teristimewa bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. bulan yang setiap detiknya dihargai mahal oleh sang maha pencipta. akankah nilai penghargaan yang kita berikan sama dengan yang diberikan oleh pemiliknya sendiri.

ada satu lagu yang tidak pernah absen dari playlist lagu saya di bulan ini. lagu yang berjudul Setiap Habis Ramadhan, yang dibawakan oleh grup Bimbo. memang lagu ini dibawakan secara khusus oleh kang Acil, selain memang saya mengagumi beliau, penekanan beliau pada setiap kata di lagu ini memang mantap.

saya awali ramadhan tahun ini dengan menyanyikan lagu ini, sebuah kisah flashback memang, ketika ujung ramadhan saya bawa ke awal. mengapa?!?

setiap tahun di akhir ramadhan, saya terkadang dilanda ketakutan. takut jika saja tahun depan tidak bisa bertemu lagi dengan bulan ramadhan. yang artinya, ramadhan kali ini adalah ramadhan terakhir, dan tidak ada kisah ramadhan lagi. seperti yang telah diutarakan di awal, ramadhan adalah bulan yang sangat mahal, bulan dimana penuh dengan ibadah, baik sunnat, maupun wajib.

banyak orang yang tidak mengetahui keutamaan bulan ramadhan, bukan saja hanya bulan dimana umat islam diwajibkan berpuasa, ada shalat tarawih, ada turunnya Al Quran, dan lain sebagainya.

jauh di balik itu, saya memandang ramadhan sebagai bulan penuh ujian, ujian untuk menentukan apakah kita sudah layak naik kelas atau tidak. ketika puasa bukan saja hanya menahan lapar dan dahaga, tapi jauh dari itu, puasa emosi, puasa atas diri, dan terutama puasa atas hawa nafsu. yang paling sederhana adalah puasa atas nafsu konsumtif, belanja, dan mengamuk baik di saat sahur maupun saat buka puasa.

jauh di dalam lubuk hati, Allah begitu pemurah memberikan nikmat untuk melewati bulan ramadhan bersama keluarga kecil. tahun kemarin berdua dengan istri, tahun ini insyaAllah menjalani ramadhan bersama si kecil, qisthy. kebahagiaan itu terasa dengan sangat nyata. walau ramadhan ini diawali dengan serangkaian kegiatan akademik yang begitu padat dan menakutkan (baca : Ujian). dan semoga, ramadhan tahun ini adalah ramadhan terbaik dalam hidup ini.

selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan, dan ibadah lainnya. mari kita bersihkan niat, hati, dan diri kita dari segala hal yang akan mengurangi nilai ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini.

“alangkah nikmat ibadah bulan ramadhan, sekeluarga, sekampung, senegara
kaum muslimin dan muslimat sedunia, seluruhnya kukuh dipersatukan dalam memohon ridhoNya” (dipopulerkan oleh Grup Bimbo)

ramadhan 1431 #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s