ini jalan aspal, sayang

resah sekali hatiku. teringat pada keinginan ayahanda tercipta, untuk melihat ka’bah dan menyentuhnya dengan kedua tangannya sendiri. betapa tidak, ketika kedewasaanku beranjak, ketika usiaku mencukupi, belum mampu kuberangkatkan beliau ke sana.

ada sentuhan lembut pada setiap belaiannya padaku dengan tangan keras dan kasarnya, betapa kuat pelukannya ketika kecil aku takut ketika sang biksu membawakan acara, dan atau tempatku berlindung dan merasa aman ketika berlari dari kejaran ibunda yang hendak memaksaku makan.

apa yang beliau rasakan, kini aku rasakan. ketika pelukanku ingin memberi rasa aman pada buah hatiku, ketika kecupanku tak mampu mewakili rasa cintaku padanya, dan kekagumanku ketika aku menyentuh setiap bagian dari tubuhnya, tangan kecil itu, bibir mungil itu, ataupun kakinya yang putih bersih.

mata ini tak mampu terpejam ketika memandangnya, atau hati ini yang tak kunjung benci ketika kegelisahannya diwujudkan dalam raungan dan tangisan yang memekik telingaku. tetap saja ingin memeluknya dalam dekapan, tak mampu jauh beranjak, ketika sepasang bola matanya yang mengikuti gerak-gerikku, pun senyumnya yang meluluhkan hati.

seorang manusia kecil, sumber kebahagiaan bagi kami orang tuanya, ditengah ketidakmampuan kami untuk selalu dapat memberinya yang bisa didapatkan orang kebanyakan, hanya ini yang dapat kami berikan. yang terbaik dalam keterbatasan kemampuan kami, yang terbaik yang dapat kami berikan atas harta yang kami dapatkan dengan halal, insyaAllah. biar jalan aspal yang keras ini menjadi saksinya, untuk setiap meter tempuhan mencari nafkah bagimu,…

jadi anak yang soleh ya sayang, jadilah permata di kalung leher ibumu, dan jadilah tanda mulia di kening abahmu,…

medio, 4 bulan sejak aku menjadi seorang abah,..

Posted with WordPress for BlackBerry.

ini jalan aspal, sayang

One thought on “ini jalan aspal, sayang

  1. za says:

    “Bapak ingin naik Haji”, begitu Is?

    Aku suka bagian ini: jadilah permata di kalung leher ibumu, dan jadilah tanda mulia di kening abahmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s