you have to be broken,…

phrase ini mengalun kuat dalam ingatan.

you have to be broken, then you can stand up perfectly

memang betul menurut saya,Β  terkadang kita harus terjatuh, terjerembab, terjerumus, bahkan terkulai tak berdaya. dalam kondisi lemah, biasanya kita bisa mengetahui kelemahan kita dengan detail, mengetahui apa yang menjadi kekuatan kita untuk kemudian kita bangun sedikit demi sedikit.

memang membutuhkan waktu untuk kita dapat berdiri tegak, kuat ibarat memiliki akar serabut yang jauh mengikat tanah di sekitarnya, kuat tak mudah terbawa angin besar yang menerpa, bukan hanya meniupkan dahan, tapi mengancam kita tercabut dari akar pendirian kita.

memang tak mudah hidup memegang penuh prinsip, hidup dengan keadaan seadanya, tapi itu lah sebenarnya kita.

memang kita dilahirkan tanpa apa-apa, tanpa siapa-siapa, orang tua hanya menjadi perantara keberadaan, selebihnya mereka adalah sesama manusia yang memiliki takdir sama dengan kita, kewajiban dan hak kita bersama dan diantara mereka tidak lebih dari pelengkap kebutuhan jiwa yang dibungkus keteraturan, etika, norma, pahala dan dosa. di luar itu, cinta mereka membantu kita menghadapi dunia.

memang tidak enak menjadi seorang pecundang, tapi tak ada salahnya mencicipi berbagai kekurangan (tapi jangan sampai menjadi pencundang), agar kita bisa menjadi objektif terhadap lingkungan, khususnya objektif terhadap diri kita sendiri.

you have to be broken,…

2 thoughts on “you have to be broken,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s