gadget dan harga

hakikatnya, teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia, dan bukan sebaliknya. namun, yang saya liat sekarang adalah manusia yang dirumitkan teknologi, karena begitu cepatnya perkembangan teknologi jika dibandingkan dengan nilai beli manusia (secara materi tentunya).

ada aspek lain non teknologi yang menempel ketat dan menjadi intangible value, yaitu prestise. harga prestise ini jauh lebih mahal daripada harga teknologinya sendiri. bahkan, untuk sebuah teknologi (gadget) yang menghabiskan dana sebesar x untuk produksi, dilepas ke pasaran senilai 25x. dan laris manis bak kacang goreng. tidak bisa dilepaskan, jika memang dibutuhkan nilai penghargaan bagi si pencetus/orang dibalik penemuan perkembangan teknologi, dan itu sangat wajar sekali. ini adalah alasan yang dapat diterima. karena yang mahal itu ide, buat barangnya!

jika kita tengok sedikit mengenai penelitian yang dibuat oleh lembaga peneliti di luar sana, banyak teknologi yang diciptakan dan men-drive manusia, jadi bukan lagi teknologi yang dituntut keberadaannya oleh manusia. kebutuhan manusia yang seolah-olah membutuhkan teknologi tersebut. padahal sebenarnya, nggak butuh-butuh amat juga. di sinilah peranan pemasaran yang bisa mengubah opini dan wacana, bahwa orang butuh teknologi ini.

nilai beli masyarakat yang rendah (khususnya di Indonesia) memaksa mereka untuk menangguhkan kebutuhan akan gadget dan perangkat teknologi lainnya. namun, pada kenyataannya Indonesia dijadikan pasar dan market-tools, karena apapun yang dijual di Indonesia pasti laku. dengan nilai beli yang rendah saja, gadget-gadget mewah itu laris di pasaran, apalagi jika nilai beli masyarakat yang tinggi. hehe.

lalu, kemana teknologi tepat guna yang dibuat dengan biaya rendah dan berkepentingan langsung/memiliki kontribusi langsung?

atau, apakah dengan keberadaan pabrik-pabrik gadget di Indonesia, lantas akan menurunkan harga dengan alasan ‘pemotongan biaya distribusi dan pajak’

#randomthink

gadget dan harga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s