berbuka lebih cepat

semalam berencana puasa ramadhan akan diawali hari ini. seperti biasa di Indonesia ada perbedaan tanggal dimana hari diawalinya puasa. salah satu ormas menentukan puasanya hari.ini, tapi pemerintah menyatakan puasanya baru besok (10 juli 2013).

akhirnya diniatkanlah puasa, sambil menanti jadwal puasa secara global (dunia), karena penelitian untuk melihat hilal dilakukan serempak seluruh dunia.

dan dimulailah puasa itu dengan tidak sahur, karena baik saya maupun rully -yang mau puasa hari ini- sama-sama ketiduran. walhasil tidak jadi pesan makan untuk sahur. tapi tidak mengapa, bisa dijalani karena hari tidak terlalu terik, dan relatif bersahabat.

jam enam pagi, saya kembali mencari informasi mengenai hasil pengamatan hilal di seluruh dunia. hasilnya hilal tidak terlihat, dan puasa dinyatakan besok sesuai dengan tanggal yang ditentukan pemerintah.

akhirnya, saya membaca do’a berbuka puasa 11 jam lebih cepat dari rully yang melanjutkan puasanya. penentuan tanggal awal ramadhan adalah ilmu pasti (ilmu falak), sehingga ada parameter tertentu yang dijadikan acuan. perbedaan hadir karena beda metodologi, antara hisab dan rukyat.

tidak ada yang salah, dan tidak ada yang seratus persen benar. yang pasti benar adalah kita wajib puasa di bulan ramadhan, dan semoga Allah melancarkan puasa kita. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s