Tarif angkutan sudah mulai naik

tarif angkutan nampaknya sudah mulai turut disesuaikan dengan kenaikan harga BBM yang sudah naik lebih dahulu beberapa waktu yang lalu. kenaikan tarif angkutan ini cukup bervariasi, mulai dari yang hanya seribu rupiah sampai beberapa ribu rupiah tentunya tergantung jarak tempuh, dan tergantung pak supir sebagai regulator tarif lokal di dalam angkutan yang bersangkutan.

merangkaknya tarif angkutan kemudian akan merembet ke harga-harga lainnya, termasuk harga barang pokok. padahal nyatanya mereka sudah naik duluan sejak ada issue kenaikan harga BBM, dan bahkan harga BBMnya sendiri belum naik, secara simetris harga akan turut naik namun mengikuti pola tak tentu, karena ada prinsip ekonomi yang bermain di sana. faktor ketersediaan barang akan menjadi primadona penentu kenaikan harga di pasar. semakin sering dikonsumsi, bisa jadi semakin mahal (walau barang ada), semakin langka barang tersebut semakin mahal pula, padahal jarang dikonsumsi.

gempuran produk dari luar, khususnya China memberikan warna tersendiri. karena mereka bisa tetap bertahan dengan harga yang cukup rendah, padahal tempuhan distribusinya cukup jauh. untuk kualitas memang jauh sekali. cukup bandingkan jeruk medan dan jeruk china. harga bisa beda separuh, tapi kualitas bisa lebih dari separuh. jeruk china nyaris manis namun hampa kualitas rasa. hanya manis saja, tapi tak sedikit yang ‘hampos’. belum mengetahui secara pasti bagaimana mereka bisa mengendalikan harga dengan begitu sangat murah, untuk rentang distribusi yang cukup jauh.

kembali ke tarif angkutan.

tarif angkutan yang sekarang, bisa jadi akan menjadi beban hidup yang lebih berat. bagaimana tidak? setelah kenaikan barang pokok sekarang pengeluaran yang rutin dikeluarkan pun akan menjadi lebih besar. memiliki transportasi massal yang nyaman hanya sebatas utopia, karena perjalanan ke arah sana masih sangat jauh. butuh waktu beberapa tahun lagi, itu pun jika lancar terealisasi.

ongkos travel, biasa 80 ribu, sekarang 95 ribu. harus pilih moda transportasi lain. itu pilihan paling layak.

Tarif angkutan sudah mulai naik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s