menilik squad barca 2013/2014

barca sebagai tim elite dunia harus mempersiapkan amunisi yang pantas menjelang bergulirnya musim yang akan datang. raihan tropi minim pada musim lalu menjadi sebuah pekerjaan rumah yang besar bagi barca.
secara tim, tak banyak pergantian pemain di musim ini.

Kepergian David Villa ke Atletico nampak terbayar dengan kedatangan Neymar Jr. dari Santos. walau tidak mencetak gol pada beberapa pertandingan pra musim terakhir, namun kehadiran neymar memberi warna tersendiri. gocekan, dribling, dan crossing-crossingnya cukup menyulitkan lawan. terakhir, assist cantiknya membuka peluang yang dimanfaatkan maksimal oleh Cesc. sayang, ia belum berkesempatan tampil bersama dengan Xavi dan Iniesta pada saat yang sama di lapangan. jika terjadi, saya tidak dapat membayangkan bombardir Neymar – Messi – Xavi – Iniesta yang didukung Cesc – Alexis – Alba – Busquets dan Alves akan mengurung lawan.

Hengkangnya Thiago Alcantara ke Bayern Muenchen nampaknya akan memberi jalan ruang bermain bagi Cesc Fabregas dan Sergio Roberto (promosi dari Barca B) sebagai pelapis Andreas Iniesta dan Xavi. seperti kita ketahui bahwa ‘nyawa’ barca berada di para pemain tengah ini sebagai pemberi suplay umpan sekaligus memberikan jalan bagi keajaiban messiah.

Menjadi issue penting adalah rapuhnya barisan pertahanan, khususnya bek tengah. cedera yang menghinggapi el capitano Carles Puyol membuatnya agak jarang bermain  berdampak pada kekurangannya musim ini, bahkan awal musimpun puyol masih berkutat dengan jadwal pemulihan. Mascherano sebagai pelapis nampaknya kurang bisa menjadi center back andalan, tanpa menafikkan betapa tangguhnya ia di lini belakang. akankah proses meminang David Luiz berjalan mulus, karena nampaknya Chelsea menutup rapat-rapat peluang penawaran yang diajukan barca.

Kejutan terbesar musim ini adalah mundurnya sang entrenador Tito Villanova akibat sakit yang telah dideritanya. musim lalu tito absen mendampingi tim di beberapa minggu krusial barca, sehingga barca kehilangan beberapa poin penting. termasuk ditaklukan oleh real madrid, milan, dan muenchen. pengganti tito adalah tata, pelatih berkebangsaan argentina yang diharapkan dapat memberikan warna dan semangat baru bagi barca. belum teruji secara pasti, namun track records kepelatihan sebelumnya menunjukkan bahwa tata berada di kelas yang sama dengan pelatih-pelatih yang ada saat ini.

berikut adalah squad barca musim depan:

Manager
Gerrardo Daniel Martino (tata)

1 Victor Valdes Arribas (GK)
2 Daniel Alves Da Silva ganti nomor ke 22
3 Gerrard Pique Bernabeu
4 Francesc Fabregas Soler
5 Carlos Puyol Saforcada (El Capitano)
6 Xavier Hernandez Creus
8 Andreas Iniesta Lujan
9 Alexis Alejandro Sanchez
10 Lionel Andreas Messi
11 Neymar da Silva Santos Jr.
12 Jonathan Dos Santos Ramirez
13 Pinto Jose Manuel (GK)
14 Javier Alejandro Mascherano
15 Marc Bartra Aregall
16 Sergio Busquets Burgos
17 Pedro Rodriguez Ledesma
18 Jordi Alba Ramos
19 Martin Montoya Torralbo
20 Ibrahim Afellay
21 Adriano Correia Claro
23 Isaac Cuenca Lopez
25 Alexandre Song
37 Cristian Tello Herrera

Barca B.
Oier Olazabal Paredes (GK)
Sergi Roberto Carnicer

kita tunggu saja, bagaimana racikan squad yang ada dalam pertandingan-pertandingan barca. sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan dari cara bermain saat ini, namun tidak tertutup kemungkinan jika kejutan-kejutan sentuhan tata dan neymar menjadi sesuatu yang selalu dinantikan oleh para barcanoia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s