banyak bacaan, mind-chaos

berapa banyak bacaan yang bisa anda baca maksimal? dua paralel? tiga, empat, lima, atau lebih dari lima secara paralel?

beberapa hari ini saya memaksakan diri untuk cukup membaca tulisan, baik artikel, jurnal, ebook, maupun buku cetak, tak tanggung-tanggung, text-book. memang terkait pekerjaan, tapi beberapa diantaranya pernah didapatkan -materi pendahuluannya- waktu kuliah dulu.

walau dalam satu atau dua bahasan yang berdekatan namun ketika mendapatkan banyak bacaan memang cukup melelahkan. karena keasyikan membaca terkadang lupa untuk menuliskan point penting atau sekedar memberikan highlight atau bookmark, walhasil di akhir bacaan ketika bertanya pada diri sendiri apa yang telah dibaca, tak bisa memberikan jawaban sesuai dengan yang diharapkan. haha.

bagian lain dari kelemahan saat membaca adalah konsentrasi yang bias, dan tak jarang banyak terganggu oleh noise dari luar, entah wacana atau apapun itu. kontemplasi adalah godaan terbesar, karena tak jarang saat membaca sebuah teks maka imaji akan berlari ke topik lain yang kadang tidak ada hubungannya.

mind chaos

saat ini sedang mencoba trik lain saat membaca, kembali ke jaman membaca di perpustakaan dulu. walaupun membaca dengan menggunakan gadget, menuliskan apa yang saya baca atau inti penting dari yang dibaca kembali menggunakan media konvensional, pensil/pulpen dan buku tulis. setelahnya baru disalin ke powerpoint atau sekedar notes. setidaknya cukup berhasil, jadi walaupun sama-sama melongo, ada yang bisa diingat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s