service level management

anda mungkin pernah mendengar istilah service level agreement, atau operational level agremeent?

keduanya adalah bentuk perjanjian jaminan tingkat layanan yang diberikan oleh penyedia jasa kepada pengguna jasa. fungsi keduanya adalah untuk memberikan jaminan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diperjanjikan saat pengguna jasa memutuskan akan menggunakan jasa yang disediakan oleh si penyedia jasa.

beberapa hal yang dibahas dalam perjanjian ini adalah:
1. pihak terkait
2. jaminan layanan
3. daftar layanan
4. biaya-biaya
5. kontak

lalu untuk apa SLM, sesuai dengan namanya SLM berfungsi untuk mengelola tingkat layanan yang diberikan. hal ini dilakukan karena jenis layanan yang digunakan cukup banyak, sehingga diperlukan pengelolaan agar layanan dapat memberikan hasil yang sesuai. pengelolaan layanan bersifat jangka pendek dan panjang tergantung jenis layanan yang digunakan. adanya SLM diharapkan mampu membantu pengelolaan dan acuan pengawasan operasional layanan agar kinerja  perusahaan berjalan dengan baik.

cmiiw, imho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s