Enterprise Risk Management

risk management atau juga dikenal dengan istilah pengelolaan risiko adalah hal wajib yang harus diketahui oleh perusahaan berjalan (running company).

Pengelolaan risiko dilakukan untuk meminimalisir potensi risiko yang ditemui atau dapat memengaruhi perusahaan. Ada banyak cara untuk melakukan pengelolaan risiko, baik dengan pendekatan terhadap bentuk perlindungan aset yang dimiliki maupun ditinjau dari probabilitas risiko yang dapat dialami oleh perusahaan.

Semakin besar perusahaan, maka pengelolaan risiko yang dilakukan pun semakin kompleks. Bentuk dan nilai aset yang beraneka ragam menjadi salah satu penyebab kompleksitas risiko yang dapat ditemui. Mitigasi terhadap setiap potensi risiko yang mungkin ditemui harus dilakukan agar risiko yang dialami semakin kecil, walaupun tidak mungkin nihil.

Pemahaman terhadap proses bisnis, dan seluruh rangkaian yang ada (termasuk di dalamnya sub proses bisnis dan pendukung) menjadi sebuah keharusan. Daftar aset yang harus dilindungi wajib ada beserta aspek dan mekanisme perlindungan yang dilakukan. Semakin lengkap pencatatan, maka semakin bagus proteksi dan memudahkan dalam melakukan pengelolaan risikonya.

Mengapa risiko harus dikelola, karena tidak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian baik moril maupun materil yang tidak sedikit akibat tidak terkelolanya aset yang dimiliki dengan kerugian yang tidak sedikit jika dikonversi dalam nominal.

Enterprise, sebuah bentuk usaha dalam skala besar, melibatkan modal, aset, sumber daya, dan nilai yang tidak kecil tentunya memiliki potensi risiko yang besar pula. Pengelolaan risiko harus dilakukan karena melibatkan nilai dan perlindungan aset yang tidak kecil. Terlepas dari tindakan-tindakan yang harus dilakukan demi mendapatkan sertifikasi tertentu, yang mempersyaratkan adanya sebuah pengelolaan risiko terpadu dalam perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s