2014 Kick Off

Tidak kurang dari dua minggu lagi kita akan memasuki tahun masehi yang baru, 2014. Saatnya melakukan evaluasi singkat terhadap tahun 2013 yang sudah dijalani. Dan mempersiapkan diri untuk tahun-tahun mendatang. Tapi tidak tepat juga jika dikatakan resolusi, karena 2014 diagendakan menjadi tahun revolusi, revolusi diri.

Sudah tidak pantas lagi ketika melalui hidup dan melepaskan kesalahan hanya dengan ucapan: cukup lah, sekali ini ga papa lah, dan ungkapan permaafan lainnya. Tahun depan hidup harus lebih keras dari sebelum-sebelumnya. Lebih berjuang dan lebih berisi, entah dengan bentuk apa dan dengan cara bagaimana. Tapi harus lebih berkah, dan tentunya lebih bermanfaat.

Dari sisi kesehatan, 2013 adalah tahun yang cukup fenomenal. Naik ke meja operasi untuk pertama kalinya seumur hidup. Dirawat di rumah sakit untuk yang pertama kalinya semenjak umur 5 tahun, dan harus menjalani konsekuensi pasca operasi selama 6 bulan (tersisa 4 bulan lagi).

Dari sisi finansial, 2013 tak kalah hancurnya. Rentetan hutang dimana-mana, untungnya saja bentuk hutang ini adalah berupa fisik. Saya tidak mengerti pasti, tapi mengapa kredit itu masih lebih menarik jika dibandingkan dengan menabung lalu membeli. hehe. Untung saja di rumah ada analis finansial jadi tidak khawatir ketika harus memutuskan kapan melakukan transaksi secara kredit, dan kapan harus debit.

Dari sisi keluarga, alhamdulillah di tahun 2013 kami mendapatkan kandungan berupa janin anak kami yang kedua. Tak ada yang lebih mengobati dan sangat membahagiakan selain mendapatkan kenyataan bahwa saya akan menjadi seorang ayah dari dua anak kandung. Dan semoga bisa menjadi ayah virtual bagi ribuan anak di luar sana. aamin.

Kesalahan yang banyak dilakukan di tahun 2013 ini adalah perasaan tak percaya diri dan perasaan selalu memandang segala sesuatu dari sisi pesimistis. Menjalankan rutinitas dengan begitu adanya, serasa tidak menjadi diri sendiri. Untung saja lingkungan di sekitar cukup mendukung, bahkan dapat menjadikan lecutan semangat untuk mengawali sesuatu yang lebih baru, sesuatu yang lebih segar.

Beberapa agenda yang harus dilaksanakan di 2014 diantaranya adalah mengikuti seminar-seminar -kalau memungkinkan kursus-, meningkatkan jam untuk membaca segala macam hal, mengasah dan mengenali kembali potensi diri yang sempat terlelap, kalau ada jalan membuka jalan rejeki yang lain. Memang masih absurd, tapi yang saya butuhkan saat ini adalah niat. niat, dan niat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s