yahoo! messenger, dulu dan sekarang

Siapa yang tidak mengenal aplikasi chatting yang satu ini. Aplikasi chatting yang dirasa jauh lebih mudah, sederhana, dan seolah menjadi kewajiban untuk dinyalakan ketika terhubung ke Internet. dialah Yahoo! messenger.

Logo Y! messenger

yahoo! messenger (Y!m) diperkenalkan pada tahun 1998, dengan namaย  yahoo! pager. sebuah layanan yang dimiliki oleh yahoo! saat itu. Mungkin kita belum tahu aplikasi ini, karena tahun 1998 Internet belum begitu massive di Indonesia dan juga kita mengenal yahoo! sebagai situs pencarian. y!m banyak disukai karena tampilannya yang menarik, dan terutama mudah sekali digunakan. Tidak sedikit orang kemudian berkat layanan ini menjadi saling kenal, memiliki relasi, bahkan menjadikan layanan ini sebagai sarana komunikasi keluarga. Di sisi lain, banyak perusahaan yang menjadikan layanan ini sebagai bagian dari bisnisnya, menjadikannya sebagai sarana pemasaran, penerimaan keluhan, pusat informasi, respon cepat, hingga penanganan pelanggan (customer service). Bayangkan saja, berapa banyak pengeluaran yang dapat dihemat jika dibandingkan dengan menggunakan layanan telepon. Namun demikian, memang terdapat kelemahan dari bentuk komunikasi yang berbasiskan pesan/teks. Besar kemungkinan adanya perbedaan penerimaan atau perbedaan persepsi pada sebuah pesan/teks jika dibandingkan dengan komunikasi verbal yang relatif lebih dinamis dan dua arah secara langsung (direct communication).

15 tahun berselang, tahun 2013. y!m sudah mulai banyak ditinggalkan. Orang-orang beralih menggunakan layanan pesan instan yang lain, mulai dari SMS, BBM, whatsapp, kakao talk, line, telegram, dan lain sebagainya walaupun layanan ini tersedia dalam jenis layanan bergerak (mobile). Saya sendiri belum menemukan angka pasti secara statistik berapa persen user yang masih setia menggunakan layanan ini. Walaupun saya masih setia menggunakan layanan ini, entah mengapa, ada nilai nostalgia di aplikasi ini, dan tentunya karena saya masih menggunakan komputer/laptop sehingga mengetik jauh lebih mudah.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa y!m telah menghiasa layar komputer kita dan kita gunakan lebih dari 10 tahun, sejak kemunculan, masa jaya, hingga hampir tak digunakan lagi. Fungsi y!m sudah mulai tergantikan, dan mungkin akan selalu tergantikan dengan teknologi-teknologi yang baru, yang lebih sederhana dan lebih diterima serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

yahoo! messenger, dulu dan sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s