Ganti Plat Nomor

Baru tahu kalau ternyata plat nomor itu diganti sama samsat untuk perputaran plat nomor antara yang baru dan yang lama. Setelah 10 tahun menggunakan plat nomor yang sama, akhirnya pihak Samsat mengganti dengan plat nomor yang baru. Itu pun baru sadar setelah menerima surat pemberitahuan jadwal pengambilan plat nomor yang baru, bersama dengan STNK berisikan nomor motor yang baru.

Setelah lima, bahkan hampir enam bulan sekian lama waktu berselang, akhirnya plat nomor yang baru bisa diambil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pengambilan plat nomor, terutama lokasi pengambilan plat nomor adalah samsat dimana kita mengajukan penggantian STNK. Syarat yang harus dibawa diantaranya adalah:

  1. surat tanda nomor kendaraan yang asli beserta dengan surat pembayaran pajaknya
  2. surat keterangan plat nomor sementara, surat yang berisi informasi mengenai keterangan bahwa plat nomor kita sedang diproses
  3. surat pengambilan plat nomor
  4. plat nomor lama

Bagian persyaratan yang paling menarik tentunya poin paling buncit. Pada saat pengambilan kemarin, banyak yang bermasalah dengan syarat yang terakhir ini. Kebanyakan adalah plat nomornya sudah tidak tahu dimana karena sudah buat plat nomor yang baru di pinggir jalan, atau motornya tidak dibawa. Bahkan ada bapak-bapak yang ngotot ini aturan mengada-ngada, tidak ada pengumumannya. Mungkin bapak tersebut terburu-buru sehingga tidak melihat dua lembar kertas yang ditempel di tembok yang berisi peraturan baru dari Bapak Kapolda.

photo_2015-08-08_18-51-56

photo_2015-08-08_18-51-55

Tapi jangan khawatir, karena selalu ada jalan keluarnya. Saya juga tidak bawa plat nomor yang dimaksud, saya tanyakan pada petugas apa ada mekanisme lain? ternyata jawabannya sederhana, fotokopi saja KTP yang akan mengambil Plat Nomor Barunya, lebih baik lagi kalau ada KTP asli pemilik kendaraan atau yang namanya tertera di STNK.

Sederhana saja sebenarnya, asal sabar, mau bertanya, dan mau sedikit berusaha.

saatnya belajar menghapal plat nomor kendaraan yang baru😀

2 comments

  1. iya, za. nomor berubah, PR buat ngapalin lagi nomornya😀
    untungnya motor butut, jadi di parkiran orang nggak akan ngambil motor aku, tidak khawatir tertukar lah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s