Gouvernments Bedrijven

photo_2016-02-29_13-23-51

saya dari lahir tinggal di bandung, tapi baru kali ini bisa naik ke ruang utama di gedung sate. selfie, bahkan dengan waktu yang relatif lama. bagaimanapun juga, ada kebanggaan bisa masuk ke gedung yang super prestisius di Jawa Barat. Gedung dimana Jawa Barat 1 melaksanakan tugas sehari-hari.

Gedung sate, sebuah mega iconic di kota bandung, yang dibuat sejak seratusan tahun yang lalu dan masih berdiri tegak, kokoh menjulang hingga saat ini. Banyak cerita di balik pengembangan Gedung Sate ini, banyak buku yang mengulas bagaimana kisah pembangunan Gedung Sate itu Sendiri.

Gedung sate dibangun pada 27 Juli 1920 oleh Ir. J. Berger dkk dengan tujuan sebagai kantor pemerintahan hindia belanda yang akan dipindahkan dari Batavia ke Bandung saat itu. Pembangunan ini berjalan selama kurang lebih 4 tahun sampai dengan Gedung sate dapat digunakan sebagai kantor.

Tahun 1924, gedung sate memang diperuntukkan untuk departemen lalu lintas dan pekerjaan umum. Namun sejak tahun 1980an gedung sate dijadikan tempat bekerja Gubernur. Pusat pemerintahan di Jawa Barat.

gesat7

Terima kasih pada komunitas Balad Junghuhn dan Tjimahi Heritage, juga kepada Gamboong Vooruit yang telah mengantarkan saya bisa menikmati keindahan Bandung dan sekitarnya dari puncak bangunan yang ditaksir pembangunannya menghabiskan sekitar 6 Juta Gulden

Gouvernments Bedrijven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s