pro dan kontra kartu kredit

di zaman yang serba sulit dan kepepet ini, tawaran keberadaan kartu kredit begitu menggiurkan. bagaimana tidak, begitu banyak tawaran diskon, keistimewaan keanggotaan, sampai ke urusan upsize ukuran minuman di gerai-gerai kopi ternama. kelebihan lain dari memiliki kartu kredit adalah mendapatkan perlakukan istimewa saat menunggu keberangkatan di bandara, dan tawaran-tawaran menggemaskan lainnya.

urusan menggunakan kartu kredit, rasanya sudah lebih dari 5 tahun saya pakai kartu kredit dan aktif. dulu punya 2 kartu kredit, sekarang cukup satu, itu pun sedang dalam proses berusaha untuk menutupnya. tulisan ini sesungguhnya hanya mencerminkan pandangan dan opini saja, bukan untuk mendiskreditkan atau menjatuhkan atau mempromisikan dan sebangsanya. saat tulisan ini dibuat, baru saja saya menutup telpon tawaran kartu kredit, sementara di meja saya ada aplikasi kartu kredit yang merangkat kartu tanda Ikatan Alumni

kelebihan kartu kredit untuk saya sebenarnya hanya untuk urusan:

  1. menunda pembayaran (belanja rutin di supermarket, belanja online di toko2 luar negeri atau e-commerce, dan belanja lain yang tidak memungkinkan transaksi secara tunai)
  2. melakukan booking (tiket pesawat, tiket kereta, hotel, dan booking yang dilakukan online)
  3. gengsi
  4. kelebihan lainnya tidak cukup representatif buat saya😀

kekurangan kartu kredit untuk saya

  1. bikin susah tidur kalau jatuh tempo
  2. motong gaji sejak awal bulan
  3. ada risiko fraud
  4. harus bayar iuran tahunan yang kadang jadi besar
  5. bunga berjalan kadang terus-terusan, saat gede utang maka bunga makin gede pula, berlipat pula
  6. riba

intinya, buat saya kekurangan kartu kredit ternyata lebih besar dibandingkan kelebihannya. terutama nomor 6. berat.

One comment

Leave a Reply

