mudik bersama smartfren

Sebenarnya kurang tepat juga jika perjalanan pulang ke kampung halaman istri disebut dengan istilah mudik, karena memang setiap sebulan sekali kami pulang ke Ciamis. Namun mungkin karena waktunya bersamaan dengan orang-orang pulang ke kampung halaman, yang dikenal dengan istilah Mudik, maka bisa dikatakan kalau kami juga ikutan mudik.

Waktu keberangkatan saya atur sedemikian rupa agar tidak terjebak kemacetan yang memang sudah bisa dipastikan terjadi dan exist di jalur selatan pulau Jawa. Waktu yang dipilih untuk pergi ke Ciamis adalah satu hari sebelum libur bersama, yaitu hari jumat, seminggu sebelum lebaran. Berangkat dari Bandung pergi jam 07.30 dan bisa sampai di Ciamis sekitar jam 12.00 dengan beberapa kali istirahat dengan kondisi nyetir relatif santai. Tidak ada kepadatan yang berarti, hanya di sekitar Limbangan saja kepadatan yang disebabkan oleh pasar.

smartfren1
Duet Modem Haier 4G LTE dan HiSense Andromax R2

Menariknya, baru mudik kali ini saya iseng memantau perjalanan melalui gawai, dua gawai yang saya gunakan adalah Haier Modem dan Smartphone besutan HiSense. Provider yang saya gunakan adalah Smartfren. Aplikasi yang saya gunakan diantaranya adalah Twitter, Waze, dan Traffic dari Google Maps. Aplikasi ini memang saya gunakan bukan untuk mencari jalan alternatif, tetapi untuk bisa memantau apa yang ada di depan dan di belakang saya, sehingga proses pengelolaan waktu bisa lebih tepat, baik untuk istirahat walaupun untuk terus melaju. Tak ketinggalan aplikasi-aplikasi itu juga saya gunakan untuk mencari Pom Bensin ataupun area wisata, karena saya suka lupa dan tidak hapal persisnya dimana saja. Untung saja, sinyal selalu tersedia sehingga tidak kesulitan mengakses aplikasi ataupun website. Bahkan karena menggunakan mifi, para penumpang bisa mengakses Internet untuk mengatasi kejenuhan, terutama anak-anak, karena mereka bisa mengakses Youtube untuk menonton film yang mereka sukai. Khususnya Boiboiboy, tanpa buffering. hehehe.

smartfren2

Sementara perjalanan pulang ke Bandung, saya memilih H+8 karena memang itu adalah waktu yang terbaik sebelum beraktivitas kembali di Bandung. Perjalanan pulang memang sedikit lebih lama, karena kepadatan sudah terjadi dimana-mana. Menariknya, kepadatan terjadi di dua arah, baik menuju timur (Tasik, Garut, dsb) maupun menuju barat (Bandung, Jakarta). Kepadatan terjadi terutama di Tanjakan Gentong dan Pasar Tradisional Limbangan. Tanjakan Gentong mengalami penyempitan, dari 3 lajur menjadi 1 lajur saja, karena 2 lajur lainnya dipakai parkir oleh kendaraan yang mogok, ataupun para pemudik yang sudah kelelahan. Sementara kepadatan di Limbangan diakibatkan oleh aktivitas ekonomi pasar dan meningkatnya populasi kendaraan yang tidak mampu ditampung oleh Jalan. Overall, infrastruktur jalan lebih baik, tidak banyak jalan berlubang ataupun genangan-genangan yang nggak perlu. Pihak keamanan pun lebih sigap, beberapa kali saya melihat dengan mata dan kepala sendiri Pak Polisi membantu mendorong kendaraan yang mogok, atau kendaraan yang bermasalah di Jalan, bahkan menjadi tukang ganjel agar kendaraan tidak mundur lagi di tanjakan. Pihak DLLAJ, Dishub juga turut aktif berperan, sehingga perjalanan relatif lebih lancar tanpa hambatan yang berarti. Sementara untuk urusan macet, kita kembalikan pada diri kita masing-masing yang menjadi aktor baik subjek maupun objek dari kemacetan itu sendiri. Hanya saja, yang masih saya temui adalah para pengendara yang bandel dan melanggar aturan lalu lintas, dan bikin kesel pengendara yang lain.

Bersyukur saya pakai smartfren, karena sinyalnya tersedia hampir di sepanjang perjalanan. Sinyal kuat, akses kencang, Internet super cepat tanpa putus-putus menjadi salah satu kelebihan, sehingga membantu baik bagi pengemudi (mengakses situasi dan kondisi traffic), maupun penumpang dalam mendapatkan hiburan.

#smartfren #smartfrenworld #ceritamudik #ceritaasikmudik #lebaran1437H #jalurselatan #Haier #MifiAndromax #AndromaxM2Y #HiSense #HiSenseGlobal #HiSenseAndromaxR2 #smartfrencare #4GLTE #4GinAja

mudik bersama smartfren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s