Puasa Sejak Dini

Bagi muslim, puasa memiliki dua hukum, wajib dan sunat. Puasa wajib jatuh di bulan ramadhan, sedangkan puasa sunat dilaksanakan di waktu-waktu tertentu.
Mengajarkan puasa bukan hal yang mudah, karena menahan lapar sejak pagi hingga sore bagi yang belum terbiasa akan terasa menyiksa. Oleh karena itu, tahun ini saya mulai mengajarkan mengajak anak saya untuk turut berpuasa.
Belum ada metode yang pas untuknya, selain kesabaran. Tapi sebagai pemacu semangatnya, saya memberikan hadiah stiker di kalender dan bonus uang kadeudeuh sebesar rp. 5000 untuk puasanya per hari (jika sampai maghrib).

Target yang saya pasang sebenarnya hanya 2 minggu saja, jika lebih itu akan saya anggap sebagai  bonus saja. Eh, tak disangka. Ia bisa menamatkan puasa selama sebulan penuh, sebagai orang tua, tentu sangatlah bangga.

Puasa Sejak Dini

Leave a Reply

