Ketika Visi bukan hanya sekedar Arah

Visi, vision, penglihatan, apa yang hendak nampak. Visi adalah cara, bagaimana kita memandang tujuan, hingga yang abstrak seolah nampak.

Hidup harus punya visi, itu sudah pasti. Kalau tidak, kita berjalan tanpa arah, mengikuti arah kaki melangkah, tak ada sesuatu yang dituju, hingga seolah berjalan di kegelapan. Visi hidup terlalu subjektif, dan bukan tentang itu tulisan kali ini.

Visi adalah tujuan, apa yang mau dicapai, harus jelas dan terukur, tercapai atau tidak. Mengapa harus terukur? agar kita bisa menentukan apakah visi itu tercapai atau tidak. Seorang pimpinan harus memiliki ini, pengertian yang jelas, agar kemudian tidak multitafsir. Agar kemudian mampu diterjemahkan dan diturunkan dengan baik oleh persona di bawahnya. Hingga jalan yang ditempuh adalah jalan yang sama. Walau cara pencapaian yang berbeda.

Visi ini harus disosialisasikan, harus disampaikan, harus menjadi gambaran terang. Visi bukan hanya sekedar tujuan, tetapi juga pencapaian. Banyak orang yang bekerja tanpa mengetahui apa visi yang hendak dicapai oleh pimpinannya, sehingga ketika apa yang diharapkannya tak terkabul, ia hanya berbuat onar saja, tanpa mampu memberikan timbal balik yang positif untuk membantu mencapai visi itu. 

Visi adalah mimpi, visi adalah idealisme, visi adalah ruh yang menjaga selama perjalanan panjang itu.

Ketika gambaran tentang visi itu kabur, tindakan harus diambil secepatnya, re-visioning, mengurai dan menggambarkan kembali visi itu sendiri, menterjemahkannya bersama-sama agar semua pihak memiliki pandangan yang komprehensif. Sehingga semua bisa kembali ke arah yang sama. Membangun kembali, menyusun kembali, artefak-artefak yang berceceran.

Visi adalah harapan, dan harus dapat diukur oleh satuan waktu. Mengutip ucapan seorang teman, Akmal. Ujarnya “time limit for hope“.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s