hape itu, 2 juta sajah sudah cukup

ada alasan mengapa saya mengambil judul ini. tercipta oleh keterpaksaan keadaan finansial yang kemudian menjadikan gaya hidup lebih sederhana dan jauh dari gaya hidup yang selama ini dianut.

pernah suatu ketika, saya membeli telepon genggam secara tunai. lipatan uang ratusan ribu itu mencapai puluhan lembar, lebih dari sekedar cukup untuk membeli sepeda atau merenovasi pintu mesjid sebelah rumah. tertegun saya cukup lama sebelum saya mengikhlaskan uang itu ganti kepemilikan. selama ini kalau belanja cukup gesek-gesek saja, baik itu kartu debit ataupun kredit, dan tidak terasa begitu banyak uang ‘terbuang percuma’.

saya kemudian berpikir panjang, bahwa sesungguhnya untuk bisa hidup sederhana itu tidaklah begitu rumit dan menyusahkan, saya malah terlanjur menikmati hidup dalam keterbatasan. teringat kata seorang financial planner saat saya berkesempatan mengisi sebuah acara bersamanya, “pendapatan itu kadang tidak terduga, tapi penghasilan bisa direncanakan, keluarkan seperti biasa, simpan kelebihannya.” kallimat itu begitu menancap kuat, walaupun memang sampai saat ini simpanan saya masih seadanya, asal cukup buat hidup satu bulan (dan harus ditambah nampaknya).

a

saya terbiasa menggunakan ponsel dengan harga 3 juta ke atas, sudah 2 tahun ini hape saya harganya berkisar di bawah 2 juta saja, tepatnya 1,6 juta (nyicil pula 12 bulan). hape ini besutan HiSense yang bekerja sama dengan smartfren, Andromax R2 namanya. semua angka willingness to pay saya turunkan, gengsi saya buang jauh (ala saptuari). dan ternyata produktivitas saya tetap berjalan sebagaimana mestinya, tidak ada keterbatasan hanya karena hape kita harganya hanya 2 jutaan. saya tidak munafik, tetep aja pengen juga punya hape yang harganya hampir sama dengan harga motor honda beat, juga pengen rasanya punya laptop seharga motor honda vario. hehehe.

kesederhanaan membawa banyak berkah buat saya, saya tenang karena nggak takut hape saya ada yang nyuri, hahaha. cuek saja saya simpan walau di sebelahnya galaxy 7 atau iphone 7, dingin sajah, kalau perlu si nokia seharga 300 rebu, saya simpan di sebelahnya, biar dia nggak terlalu malu. hahaha.

nb. img-src

Leave a Reply

