Akhir dan Awal

Pergantian tahun adalah ibarat penanda akhir dan awal. Semua orang sibuk dengan resolusi, dan berbagai perencanaan lainnya. Untuk saya pribadi, tidak ada artinya. Hanya pergantian penandaan kalender saja.

Akhir tahun saya habiskan berlibur di rumah mertua, karena bertepatan dengan liburan anak sekolah, alasan kedua lebih masuk akal dibandingkan merayakan datangnya tahun baru.

Kegiatan pun tak jauh berbeda, hanya memindahkan laptop dari kantor ke rumah, hanya memindahkan bahan bacaan dari Bandung ke Ciamis. Aspek yang paling banyak berubah adalah jumlah bacaan, saya bekal 4 buku dan 2 buku baru yang saya beli dari teman saya yang tinggal di sini. Menarik sangat. 6 buku dalam kurun waktu 2 minggu adalah sebuah rekor. Semuanya saya baca dengan benar, bukan skimming.

Akhir tahun tak ada yang begitu istimewa, bunyi petasan dan kembang api hanya saya anggap hiburan di telinga saja, karena saya males ke luar rumah. Semua orang merencanakan dengan banyak apa yang akan mereka lakukan di tahun 2017 ini, bagi saya hanya satu saja. Bagaimana saya bisa merencanakan kehidupan saya tanpa harus dibatasi waktu yang berlaku umum, karena bagi setiap orang perencanaan tentu saja berbeda, tak ada yang sama.

Menyusun resolusi? ah percuma saja, toh tiap bikin juga tak pernah saya seriusi mengejarnya.

Leave a Reply

