ketika bulan madu usai

Sangat menarik memang ketika ada harga gawai yang murah, dengan persyaratan cukup berlangganan layanan selama 1 tahun saja. Sayangnya, ketika persyaratan tersebut dibundling, agak-agak nggak enak di ujungnya.

Sudah beberapa kali saya beli gawai dengan sistem bundling ini, sebut saja smartfren andromax. Pertama saya beli Andromax R2 kemudian saya beli lagi Andromax Pureshot+2. Secara operasional lancar-lancar saja, namun secara penggunaan kuota Internet, di sini kita merasa agak-agak ga bebas.

Kedua perangkat tersebut sudah memiliki kapabilitas 4G, sayangnya hanya 1 slot saja dan itu dikunci hanya untuk smartfren. Alhasil, sudah hampir setahun ini kuota 4G dari operator lain tidak dapat saya gunakan (gawai menggunakan 2 slot simcard).

Jadi mikir lagi kalau suatu saat mau beli gawai, karena keterbatasan sinyal di beberapa lokasi atau malah potensi mubazirnya kuota dari provider lain harus diperhitungkan.

Bulan madunya indah, pas awal-awal 100 ribu pulsa smartfren bisa beli kuota sampai lebih dari 10 GB, sekarang hanya 5 GB saja. Sedangkan XL bisa dapat 12 GB dengan harga 89 ribu. Ujung-ujungnya hitung-hitungan juga sih. Ooredo malah bisa nahan kuota Internet (akumulatif), sementara Telkomsel masih konsisten dengan mahalnya šŸ˜€

Mana kuota Internet termurah dan reliable, maka kuota Internet itu lah yang saya beli šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s