Plasseur and Theurer

Setelah dua malam si ade ngamuk karena saya memilih tarawih di mesjid agung dibandingkan bermain diecast bersamanya, tadi siang ia diajak ke stasiun untuk melihat kereta api.

Saat tiba di stasiun, kami masuk ke dalam untuk melihat kereta api. Ternyata tidak ada kereta lewat jam segitu. Tapi, ada hal menarik, ada ‘transformer’ berwarna kuning yang nampak asing baginya. Ia hanya diam dan sesekali bertanya “itu apa?”

photo_2017-06-24_00-07-42

Usut punya usut, setelah saya bertanya kepada beberapa teman yang nota bene adalah para ‘rail fans’, mesin itu adalah mesin perawatan keluaran Plasser and Theurer, perusahaan yang berbasis di Austria. Mesin tipe ini berfungsi untuk perawatan geometri rel dengan cara mengangkat, menggeser, menimbang, dan memadatkan batu di bawah bantalan rel.

Pantas saja saat saya amati beberapa benda geometrikal ada di sana, seperti benang (kabel tipis), beberapa perangkat benda miring sederhana, sampai ada pengukur kemiringan segala. Menariknya adalah, perangkat tersebut cukup modern padahal jika dilihat dari usianya nampaknya ini mesin sudah lama. Sistem hidroliknya, yaa ampuuun, keren.

Mesin yang ada di rel sebelahnya -temen rail fans bilang itu sebuah lori-, memiliki sistem hidrolik di bawahnya, sehingga jika akan berputar maka ia naik beberapa senti di atas rel kemudian diputar oleh para mekanik. Woooow amazing keren sekali, saya baru lihat mesin seperti ini.

Keren lah buat saya yang urakan mah πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s